Disbudparta Surabaya Pamer Kesenian dan Budaya Siswa Rumah Kreatif

By Admin

nusakini.com--Pemerintah Kota Surabaya terus berupaya untuk melestarikan budaya dan kesenian, khususnya budaya dan kesenian asal Surabaya. Sabtu (15/7) Gedung Siola lt.1 menjadi tempat untuk ajang pamer hasil karya seni siswa-siswi Rumah Kreatif yang digelar oleh Bidang Destinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya. 

Pergelaran seni ini merupakan upaya tindak lanjut dan evaluasi dari Kelas Seni yang selama 6 bulan ini dilangsungkan di Balai Pemuda Surabaya. Antusiasme masyarakat terlihat ketika penonton memadati kursi depan panggung yang telah disediakan oleh panitia. Tampak seperangkat alat karawitan di samping kiri panggung yang siap dimainkan selama acara berlangsung. 

Pertama acara dibuka dengan karawitan yang dipersembahkan oleh 12 siswa Sekolah Dasar memainkan tembang Kebo Giro. Disusul dengan penampilan Tari Remo oleh siswi kelas seni Rumah Kreatif. Selanjutnya ada penampilan yang tak kalah menarik yakni siwa-siswi dari kelas paduan suara dan kelas vokal Rumah Kreatif yang menyanyikan beberapa lagu. Pada acara ini juga diadakan workshop Layang-Layang, Pembuatan Topeng, dan Seni Lukis. 

Perhatian penonton kembali tercurahkan ketika melihat penampilan dari kelas tari yakni tari modern hiphop, tari tradisional Gelang Soko, Bujang Ganong, dan Sawung Kampret. Dan terakhir acara yang ditunggu-tunggu oleh penonton adalah Ludruk yang memainkan cerita Ande-Ande Lumut. 

Samsul perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya saat diwawancarai menyampaikan acara ini dilangsungkan selama 2 hari sampai Minggu (15/7) dan diikuti oleh sekitar 200 pengisi acara. Beliau juga mengajak masyarakat Surabaya untuk mengikuti Kelas Seni Rumah Kreatif di Balai Pemuda. Beberapa kelas yang dibuka antara lain Gamelan, Geguritan, Macapat, Karawitan, Seni Lukis, Tari Tradisional, dan masih banyak lagi. Masyarakat Surabaya yang ingin mengikuti Kelas Seni tidak dipungut biaya alias Gratis. (p/ab)